Konsultasi Naskah di Kastil Fantasi

Kamu punya naskah novel fantasi? Tidak sabar untuk mengirimkannya ke penerbit? Jangan terburu-buru. Siapkan dulu sebaik-baiknya, dan sebelumnya, lebih baik dapatkan ulasan serta masukan yang bermanfaat untuk naskahmu.

Mulai bulan Maret 2012, Konsultasi Naskah, menara baru di Kastil Fantasi, dibuka. Di sini saya dan rekan-rekan saya–Klaudiani, Bonmedo Tambunan, F.A. Purawan, Luz Balthasaar, Dewi Putri Kirana dan Fredrik Nael–akan membantu mengulas dan memberi masukan, agar naskahmu bisa tampil lebih baik saat hendak kamu kirimkan ke penerbit.

Bagaimana caranya? Tidak sulit.

Pertama, kamu tinggal mendaftar dengan cara mengirimkan naskahmu dalam bentuk dokumen MS Word ke alamat e-mail rdvillam@yahoo.com. Ya, cukup dalam bentuk softcopy, tidak perlu hardcopy. Jangan khawatir, naskahmu aman di Kastil Fantasi; tidak bakal disebarluaskan atau bahkan diplagiat. :-P

Beserta naskah, sertakan sinopsis singkat serta nama pengulas yang kamu inginkan. Kamu boleh memilih untuk diulas oleh satu atau dua orang saja, atau kamu juga bisa memilih untuk diulas sekaligus oleh tim (yang terdiri dari tiga orang pengulas). Jika kamu memilih untuk diulas oleh tim, kamu cukup menyebutkan satu atau dua nama; nama-nama lainnya akan ditentukan oleh Kastil Fantasi, supaya bisa disesuaikan dengan jadwal atau kesibukan dari masing-masing pengulas. Penulis yang lebih dulu mendaftar akan didahulukan, dan yang datang belakangan harus mengantri.

Lalu, berapa biaya yang harus kamu keluarkan?

Biayanya sesuai dengan panjang naskah yang kamu berikan dan jumlah pengulas yang kamu inginkan.

Biaya untuk Paket Perorangan (ulasan dilakukan oleh satu orang):

  • Untuk naskah sebanyak maksimal 50 ribu kata = Rp 50.000,-. Waktu  = 1 bulan. Panjang ulasan = minimal 1000 kata.
  • Untuk naskah sebanyak maksimal 100 ribu kata = Rp 100.000,-. Waktu  = 2 bulan. Panjang ulasan = minimal 2000 kata.
  • Untuk naskah sebanyak maksimal 150 ribu kata = Rp 150.000,-. Waktu  = 3 bulan. Panjang ulasan = minimal 3000 kata.

Kamu boleh memilih untuk diulas oleh satu pengulas atau lebih, sesuai dengan yang kamu inginkan. Biayanya tinggal dikalikan saja.

Biaya untuk Paket Tim (ulasan dilakukan oleh tiga orang, di mana setiap pengulas akan memberikan ulasan dengan gaya dan sudut pandang masing-masing):

  • Untuk naskah sebanyak maksimal 50 ribu kata = Rp 125.000,-. Waktu = 1 bulan. Panjang ulasan = minimal 1000 kata (dari masing-masing pengulas).
  • Untuk naskah sebanyak maksimal 100 ribu kata = Rp 250.000,-. Waktu = 2 bulan. Panjang ulasan = minimal 2000 kata (dari masing-masing pengulas).
  • Untuk naskah sebanyak maksimal 150 ribu kata = Rp 375.000,-. Waktu = 3 bulan. Panjang ulasan = minimal 3000 kata (dari masing-masing pengulas).

Kamu boleh memilih untuk diulas oleh satu tim atau lebih, sesuai dengan yang kamu inginkan. Biayanya tinggal dikalikan saja.

Naskah yang dikirimkan bisa merupakan naskah novel yang sudah selesai, bisa juga yang belum selesai atau hanya sebagian (walaupun, secara pribadi, saya mendorong agar setiap penulis lebih baik fokus menyelesaikan dulu ceritanya sebelum meminta untuk diulas). Jika naskah yang kamu kirimkan hanya sebagian, sangat dianjurkan agar naskah tersebut dimulai dari halaman pertama (dari awal cerita), bukan dari tengah-tengah. Selain itu, naskah juga harus berupa novel (satu cerita), bukan gabungan atau kumpulan cerita.

Satu anjuran penting lainnya, sebelum mengirimkan naskahmu ke Kastil Fantasi, sebaiknya kamu juga sudah membaca ulang naskahmu beberapa kali dan melakukan perbaikan-perbaikan mendasar yang dibutuhkan seperti dalam hal penulisan tanda baca, EYD dan lain-lain. Jika naskahmu sudah rapi, para pengulas akan lebih senang membacanya, dan ulasannya nanti bisa difokuskan ke hal-hal lain yang tak kalah penting.

Sekarang, bagaimana jika naskahmu yang hendak diulas panjangnya lebih dari 150 ribu kata? Atau bagaimana jika kamu ingin mendapat ulasan yang lebih mendetil dan panjangnya lebih daripada yang disebutkan di atas?

Kami tetap bisa memberikan ulasan, tetapi dengan kesepakatan lebih lanjut. Kastil Fantasi pada dasarnya bersedia membantu, namun tentunya kami harus mempertimbangkan waktu dan energi yang akan dipergunakan untuk membaca dan mengulas setiap naskah.

Setelah memilih paket yang paling cocok dengan naskah dan kebutuhan, kamu bisa mentransfer biayanya ke nomor rekening yang nanti akan disampaikan melalui e-mail. Setelah uang tersebut masuk, dan nama pengulas disetujui, secara resmi pendaftaranmu diterima dan naskah yang sudah kamu kirimkan akan segera dibaca.

Ulasan dari Kastil Fantasi nanti dikirimkan ke kamu melalui e-mail pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya (bisa satu, dua atau tiga bulan, tergantung panjang naskah). Setelah itu kamu bisa berdiskusi lebih lanjut dengan para pengulas melalui e-mail. Kamu akan mendapat gambaran lebih baik tentang apa yang harus kamu lakukan pada naskahmu—apakah kamu sudah bisa langsung mengirimkannya ke penerbit, atau justru harus merevisinya.

Jadi, tunggu apa lagi? Tertarik untuk mengkosultasikan naskah novelmu? Jangan ragu-ragu, persiapkan saja naskahmu sebaik-baiknya, dan kirimkan ke Kastil Fantasi.

Salam.

Villam

 

About Villam

Author of Akkadia: Gerbang Sungai Tigris, host & jury of Fantasy Fiesta, webmaster of Kastil Fantasi, storymaster of Estarath, bad dreamer and always a newbie writer
This entry was posted in Konsultasi Naskah and tagged . Bookmark the permalink.

33 Responses to Konsultasi Naskah di Kastil Fantasi

  1. Alfare says:

    Wuaa, mungkin suatu saat kelak versi hasil edit Ernarosa bakal saya kirim untuk saya minta konsultasi. Walo ngeri juga sama potensinya cabenya sih. :D

  2. Ihsan says:

    Ada ulasan sekilas tentang transaksi, kenapa tidak sekalian cantumkan rekening dan atas nama siapa? Apa karena sifatnya rahasia?

    • Villam says:

      Karena jika memang tertarik, silakan ngobrol dulu dengan saya di alamat e-mail yang disebutkan di atas. Kalau sudah deal, dan sama-sama sreg, baru transaksi.

  3. Maryos says:

    Hmmmm… sangat menarik.
    Semoga jasa ini masih ada saat proyek saya rampung nanti.

  4. Jinbei says:

    wadoh. pingin nih. boleh.
    #ngelirik Luz
    #orangnya kabur

    tapi … 150.000 ….
    ga ada uang segitu
    #mundur

    • *ngelirik balik* O______O|||

      • Jinbei says:

        112k words nih.
        kayaknya nanggung amat ya … 150rb hehehe

        tanya dulu. kalo misalnya sudah selesai di proofread,
        lalu ada kejanggalan sehingga harus rekonstruksi ulang,
        waktu sudah selesai diperbaiki dan minta di receck, apa gw harus bayar lagi?

        trims

      • Desire Purify Loki says:

        APA SIH LOE RESE? GRAWRRRRRRRR! STITCH, TELAN SEMUA BB DAN LAPTOP DI DUNIA INI! ADA SILUMAN YANG PERLU TOPENG YANG LEBIH BAGUSAN!!!

        LOE, GUE, END, BALTHAZAAAR! NAMA AJA DIGANTI YANG LEBIH BAGUSAN SANAH!

        • Klaudiani says:

          Kamu ada masalah dengan seseorang?
          Kontak langsung saja yang bersangkutan, tolong jangan OOT.

        • Zen Horakti says:

          Nih orang kenapa ya.

          Mas Villam dan Klaudiani.

          Saya kirim segera naskahnya. XD

        • Kalau memang diijinkan sama yang punya tempat, monggo trollingnya diterusin, Mbak Des. Hihihi~

          • fapurawan says:

            Ini trolling yang paling asik. I was fascinated by the way a mind flew to multiple places at the same time!

            flight of ideas, ada dulu pelajarannya tuh pas kuliah. ngga nyangka aja di internet penerapannya bisa begitu gamblang without any apparent social disenforcement.

            Bakalan menarik, nih.

            hehehehe

  5. Zen Horakti says:

    Wah wah wah…

    Ini namanya Keren! Saya tidak menyangka ada yang semacam ini. Saya pasti akan coba. Tapi Novel saya sudah saya minta ke salah satu dari Konsultan di sana. Di karya yang lain deh ya.

    Xp.

    tapi sungguh ini menarik. Aku pasti coba.

    ke ke ke

  6. Zen Horakti says:

    Mas Villam. Aku mau Konsultasi nih. Gimana biar kita buat kesepakatannya? Lewat YM?

  7. Dini Afiandri says:

    Hallo semua. Ini gimana sih? Udah promo habis-habisan di FB yang komen orangnya itu lagi, itu lagi. Semuanya berkicau tentang sesuatu yang tertunda. Kaya lagunya Padi, terus disentuh burung gereja. Pantesan aja Gunung Mahameru gempar.

    Hati-hati kalau mau pajang sesuatu yang terlalu beraura.
    :P :D ;)

    Hm, Klaudiani, makasih buat link Kagaya-nya. Tapi aku nggak lagi butuh blessing.
    Aku paham dalam understanding, dan no wonder semua kegaiban itu ditelan monster pemakan buku di FF tahun lalu.

    Jelaskan makanya kalau kalian mau komen di mari. Jangan malah lempar .pdf Persepolis ke sana ke mari.

    Kaskusers, jayusers, ngopi dan parkir depan McD ya?
    Kalem gan…. Ojaaann… Astajim. :-h

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>