Resep Rahasia Sang Koki

RESEP RAHASIA SANG KOKI

karya Ade Mari

Para koki dari seluruh penjuru Lezis land tak pernah berhasil menemukan racikan resep rahasia ayam panggang Londers yang amat fenomenal itu. Bukan hanya di Lezis land, tetapi penduduk negeri disekitarnya seperti Fashion land, Book land, dan bahkan Horror land pun rela berbondong bondong mengantri di pintu restorannya setiap kali jam makan siang tiba. Dengan raut muka tak peduli seolah tak butuh adanya pembeli, Londers selalu membuka restorannya tepat waktu. Maka bisa dipastikan pemandangan rutin setiap hari, betapa ricuhnya orang orang itu saling sikut berebutan meja dan tempat duduk setelah menghambur memasuki restoran.

Meski harus bersusah payah, kau wajib mencobanya! Buktikan saja! Saat irisan pertama memasuki mulutmu, terasa ada  harmoni yang berpadu, menari, menyebar ke seluruh rongga mulut, kadang terasa lembut, gurih lalu manis ,pedas yang hangat, meleleh, bergelora, membuat lidahmu  mengecap ngecap. Sebuah rasa yang tak terbayangkan dan bisa mengembalikan perasaan buruk dalam seketika.

Di Lezis land, kau bisa melihat segala jenis makanan lezat yang pernah ada tersedia di kedai dan restoran yang memenuhi setiap jengkal negeri itu. Maka setiap waktu pasti akan kau jumpai pula hilir mudik karpet terbang, karena semua penduduk negeri disekitar lezis land memang membeli makanan mereka disana. Khusus untuk Horror land, agak jarang orang mengunjungi tempat itu, tapi demi alasan prikemakhlukhalusan, Lezis land juga menyediakan makanan khusus semacam jus darah hewan atau steik bangkai, tapi untuk sebuah pengecualian, secara aneh mereka pun sangat menyukai ayam panggang Londers.

Lezis land gempar! Pagi masih sunyi ketika teriakan nyonya Londers menggema ke seantero negeri. Koki Londers menghilang tanpa jejak! Tak satupun barang yang raib, kecuali piyama bergaris garis yang dikenakannya. Nyonya Londers masih menangis meraung raung ketika petugas dari Police land tiba.

“Jadi, nyonya Londers, bisakah anda menceritakan kronologis peristiwa sebelum hilangnya koki Londers? tanya kepala polisi ketika tangis wanita itu mulai reda.

Nyonya londers menerawang, mencoba mengingat kejadian selama hari kemarin.

“Tidak ada yang aneh, seperti biasa, setelah menutup restoran, suamiku naik ke loteng untuk menonton acara tv kesukaaannya, Barleys show.” Kepala polisi bertanya pada asistennya, seorang pemuda bermata hijau, acara apakah itu? James berkata pelan kalau itu semacam acara komedi dengan para pemeran dari Badut land.

“Lalu aku masih mendengar tawanya beberapa saat, sementara aku tengah bersiap  terbang ke Breeder land membeli ayam ayam hidup. Setelah aku kembali,aku masih sempat menemuinya dan memberitahu kalau nyonya Pok enggan memberi diskon lagi. Malam itu suamiku lalu turun ke dapur pribadinya,seperti selalu dan mulai bekerja. Itulah terakhir kali aku melihatnya, sebelum kemudian aku tertidur di kamarku.” Nyonya Londers kembali tersedu, si kepala polisi mengerutkan kening ,seberapa banyak pun kerutan yang timbul, tetap saja dia tidak menemukan petunjuk apapun.

“Kalau begitu, kenapa kita tidak memeriksa dapur pribadinya saja? Bukankah tadi kita belum menemukannya di rumah ini? Anda bisa bertanya tentang itu pada nyonya Londers,” bisik James.

Kepala polisi hampir terlonjak senang mendengar ide itu, serta merta  mengungkapkannya pada nyonya Londers, tapi wanita itu terlihat ragu.

“Biarkan saja, mom, ini keadaan darurat.” Ujar putrinya,Rose.

Akhirnya nyonya Londers mengijinkan dua orang (tadinya hanya seorang saja,tapi kepala polisi merasa amat sangat membutuhkan James) pergi bersamanya ke dapur pribadi di ruang bawah tanah.

Dapur pribadi koki Londers benar benar seperti kapal pecah! Mereka harus melangkah hati hati kalau tidak mau terpeleset saus kedelai yang tumpah, sisa makanan, sayuran dan segala macam rempah rempah berserakan di lantai. Sementara itu, panci kotor, kuali besar dan  alat memasak lainnya masih mengapung di udara dalam posisi terbolak balik. Tapi nyonya Londers tidak kelihatan heran dengan semua kekacauan ini, ia berkata memang begitu biasanya bila suaminya sudah bekerja. Tapi ketika kedua polisi itu berbelok arah, mereka tertegun. Di ujung sana tampaklah sebuah meja bundar yang mengambang rendah. Diatasnya, itulah yang menyihir mereka, sepiring besar ayam panggang Londers dengan saus merah melelehi permukaannya! aroma lezat menguar hampir hampir memabukkan. Untuk sejenak kedua pria itu telah melupakan soal menyoal lenyapnya sang koki yang misterius.

“Oh, rupanya dia sudah menyelesaikannya, mungkin itu ayam pangggang terakhir yang dia buat!” ratap nyonya Londers,sementara kata”ayam panggang terakhir”yang diucapkan wanita itu membuat hasrat untuk melahapnya jadi berlipat lipat, tapi mereka hanya bisa meneguk air liur.

“Ok, meskipun keadaan dapur ini seperti baru diobrak abrik serombongan raksasa, tapi kami tetap tidak menemukan petunjuk apapun, di tambah lagi dengan pernyataan nyonya barusan kalau, yah, suasana kacau balau begini memang sudah biasa,” ujar kepala polisi sambil melihat lagi sekeliling, James kembali membisikinya, kepala polisi langsung berucap lagi,

“Pertanyaan terakhir nyonya. Apakah suami anda memiliki musuh yang terlihat mencurigakan?” Pertanyaan itu serta merta membangkitkan emosi nyonya Londers.

“Tentu saja!” serunya keras, “Sejak dahulu semua koki di Lezis land memang selalu menginginkan resep rahasia ayam panggang kami yang tak terkalahkan, salah satu dari mereka   pasti sedang menyekapnya dan mengancam suamiku dengan pisau potong daging!” lengkingnya.

“Dan ya! Hantu hantu itu juga mesti di curigai,bukankah mereka memang tidak punya jejak, mereka bisa saja menculik suamiku dan memaksanya membuat ayam panggang tanpa henti. Anda harus segera memeriksa mereka semua!”teriaknya lagi.

Meskipun Kepala polisi Thompson tidak terlalu pintar, tapi ide untuk memeriksa satu persatu dari ribuan koki di Lezis land, apalagi menginvestigasi hantu hantu gentayangan di Horor land atas dasar dugaan semata sama sekali bukan ide yang masuk akal, lebih lebih menyenangkan. Maka kepala polisi mengumumkan kesimpulan akhir bahwa koki Londers pergi dari rumah atas kesadaran dan kemauannya sendiri untuk alasan yang tidak diketahui.

Namun semua ternyata tak berhenti sampai di situ. Perkara hilangnya koki Londers menyebabkan berbagai masalah di seluruh negeri. Hospital land kini di penuhi orang orang yang melakukan terapi psikologis guna menghilangkan segala gangguan pikiran semacam obsesi yang tak terpenuhi, halusinasi atau igauan sepanjang malam akibat tak bisa lagi menyantap ayam panggang Londers. Para koki di Lezis land kembali beramai ramai mengadakan diskusi kuliner khusus untuk membahas pemecahan resep rahasia ayam panggang Londers. Yang lebih menghebohkan lagi, tersiarnya kabar adanya ayam panggang terakhir yang masih tersisa, telah menyebar ke seantero negeri, mengakibatkan gelombang massa yang menyerbu restoran Londers. Mereka berdemonstrasi agar nyonya londers segera  menjualnya pada khalayak umum demi kepentingan penyembuhan dan penelitian. Menghadapi kepungan itu, nyonya Londers hanya bisa meringkuk ketakutan di bawah tempat tidurnya, sementara Rose segera menghubungi kepala polisi.

Inilah keputusannya. Rakyat Internasional land tumpah ruah di lapangan depan balai kota Lezis land, berdesakan hingga bermeter meter tingginya ke udara. Sebuah layar raksasa terpampang di hadapan mereka, menayangkan nyonya Londers, kepala polisi, James dan seorang pembawa acara tengah berada di dalam ruangan balai kota. Dan yang terpenting, di atas meja ,yang semua mata tertuju padanya, tak lain adalah sepiring besar potongan ayam panggang  Londers berbalur saus merah yang tersimpan aman dalam kotak kaca anti kadaluwarsa. Acara pelelangan segera dimulai.Teng! lonceng dibunyikan ,semua orang telah siap dengan corong pengeras suara, yang terhubung ke dalam ruangan balai kota.

“Baiklah saudara saudara, kita mulai saja, harga dibuka sebesar satu keping emas,tok tok! Palu diketok (Perlu diketahui, di dunia internasional land, semakin besar nilai mata uang,semakin kecil angkanya) seru si presenter menggema.Seorang petani dari Farming land langsung menyahut,

“Setengah keping emas.”

“Seperempat keping,”sahut yang lain cepat

“Seperdelapan.”

“Seperduapuluh.” Seorang koki ayam berteriak penuh percaya diri.lama berselang tak ada yang menyahut.

“Oke, kalau tidak ada penawaran lagi, kita tutup pelelangan ayam panggang Londers ini (si presenter sudah mengangkat palunya) dengan harga…”

“Seperseratus keping emas,”seru seseorang dari belakang lapangan, semua berbalik melihatnya. Dialah tuan Barley, pemilik acara komedi paling populer, berdiri dengan senyuman lebar seolah yakin sudah memenangkan pelelangan.

Memang benar. Tanpa mempedulikan jutaan pasang mata di luar sana yang menatap kelaparan , dilayar kaca itu, kini tampak tuan Barley sedang menarik potongan paha ayam dan dengan perlahan memasukkan ke dalam mulut besarnya,sementara air liur semua orang  yang melihatnya mulai menetes netes.

“PALSU! Ini bukan ayam panggang Londers!” teriak tuan Barley tiba tiba,sesaat setelah ia menggigitnya.

Nyonya Londers serta merta maju, hendak membantah tuan Barley, tapi sejurus kemudian layar kaca raksasa itu padam, tayangan yang muncul kemudian diawali oleh  kata”STOP PRESS!” Lalu tampil seorang pembaca berita dengan wajah bersemangat tak sabar  untuk berbicara.

“Emergency! Kami akan mengabarkan berita terpanas di abad ini! Horor land, tempat paling sepi pengunjung di planet kita, tanpa di duga, membuat sensasi besar besaran. Ayam panggang londers yang amat langka berkaitan hilangnya sang koki, ditemukan membanjiri tempat itu. Para makhluk halus dipastikan telah memakan ayam panggang tersebut meskipun tak mungkin kenyang karena makanan itu pasti hanya melewati tubuh mereka yang transparan. Terbukti dengan banyaknya tulang belulang dan kunyahan daging seperti hasil muntahan berserakan di kuburan Horor land.” Lalu dengan suara mendesis yang berlebihan si pembaca berita melanjutkan,

“Kalau begitu, apakah para hantu itu yang telah menculik sang koki ? Dan melakukan pemboikotan atas asset kuliner berharga kita. Ataukah mereka memang bermaksud mengobarkan pembalasan dendam atas perlakuan rakyat internasioal land yang memperlakukan mereka sebagai kaum marginal?”  ucap si pembaca berita penuh provokasi.

Maka tak ayal lagi, suhu udara di sekitar lapangan balai kota memanas,angka pada thermometer luar ruangan melejit naik. Caci maki di tujukan kepada para makhluk halus, sebagian bahkan menyerukan ajakan untuk menyerbu Horor land.

Satu satunya yang merasa terlalu terpukul untuk marah adalah tuan Barley. Seperseratus keping emasnya, yang hanya bisa dilihat dengan kaca pembesar, melayang sia sia! Nilainya setara dengan sebuah pulau peristirahatan pribadi di Tropic land, maka tuan Barley hanya bisa meratap menangisi dirinya.

Sebelum situasi menjadi tak terkendali lagi, James dengan cepat mengambil tindakan.Dia segera merebut pengeras suara dari si presenter.

“Seluruh rakyat diharap tenang! Pihak polisi berjanji akan menyelidiki situasi yang sebenarnya. Jangan terbawa emosi, kekerasaan hanya akan menimbulkan kerugian dan korban dari kedua belah pihak,” seru James, suaranya menggema di udara , keributan pun berangsur surut.

***

Sebenarnya kepala polisi sangat bersyukur atas apa yang dilakukan James tadi pagi, tapi dengan alasan bahwa dia harus mempertanggungjawabkan perkataannya, kepala polisi menyerahkan kasus ini pada james sepenuhnya.

James segera terbang ke Horor land , dia sudah membuat janji dengan salah satu tokoh masyarakat horor land, Jasper hantu dewasa yang baik hati.

“Kami sama sekali tidak menculik koki Londers , sungguh,” ucapnya dengan wajah polos.

“Lalu bagaimana bisa ada banyak sekali ayam panggang Londers disini? Tolong jelaskan detailnya.”

“Tadi subuh kami para hantu baru saja terbangun dari peti mati masing masing, ketika mendengar Mariam si kuntilanak tertawa terkikik keras.Kami pun menghampirinya di tengah  area kuburan lama.Rupanya ditempat itu sudah ada bentangan besar alas piknik ,diatasnya dipenuhi keranjang keranjang berisi ayam panggang londers,tentu saja kami semua serta merta menyerbunya.Itu saja yang aku tahu, Mariam si kuntilanak  juga tidak melihat seorang pun  ketika menemukannya pertama kali,”jelasnya. James merasa buntu.

“Tapi ada satu hal yang tidak biasa, aku tidak tahu apakah ada hubungannya,”ucap Jasper ragu ragu.” James menunggu penuh antusias.

“Si hantu tua Lodrick, dia tidak memakan ayam panggang itu,” ujarnya  menerawang,”Ah, tapi seingatku kami memang tak pernah melihatnya memakan ayam panggang Londers selama ini, bagaimana dia bisa tahan, ya?”

James kemudian minta ditunjukkan dimana hantu Lodrick tinggal, ia pun mendapati pondok kayu yang dingin dan lembab dengan banyak sarang laba laba dan kelelawar yang beterbangan, hantu Lodrick terlihat sedang bergentayangan diantara mereka waktu James mengucapkan salam.

“Apa karena aku tak suka ayam panggang itu, lantas kau mencurigai aku? Selera adalah hak asasi setiap makhluk hidup maupun tak hidup!” cetusnya ketus, sementara hidung James  mencium aroma tak enak didalam pondok itu,yang rasa rasanya tak asing.

James pulang dengan perasaan hampa, karpet terbangnya melaju tak seimbang, bergoyang goyang karena James sulit berkonsentrasi untuk mengendalikannya , ia sangat bingung dan terus berpikir apa yang seharusnya dilakukan .Karpetnya tiba tiba berhenti mendadak , James terpikir sesuatu.

“Tuan Barley,bolehkah aku melihat rekaman acara anda sehari sebelum menghilangnya  Londers?” tanya James yang  menemui tuan Barley di studionya.

“Tentu,” katanya. James menonton tayangan komedi itu dengan teliti, lalu sampailah di akhir acara dimana ada cuplikan adegan lucu yang dimainkan seorang badut tinggi dan kurus, lalu dibawah layar muncul tulisan: Mengenang sepuluh tahun badut Toli.

“Siapa itu badut Toli?”

“Dia salah satu badutku yang paling hebat, sungguh disayangkan dia harus meninggal beberapa saat setelah pertunjukan sepuluh tahun yang lalu, tapi dia memang sudah cukup tua, semestinya itu bisa membuatnya mati dengan tenang.Aku tidak tahu  kenapa dia masih penasaran kabarnya kini badut Toli masih menjadi hantu di Horror land.Yah, bagaimanapun aku sangat menghargai orang yang bekerja denganku, itulah sebabnya aku menayangkannya.”

“Lalu siapa nama aslinya?”

“Lodrick van Hobart,” jawab tuan Barley. Jantung James berdegup kencang,ia merasa mulai menemukan kepingan yang hilang. Cepat cepat ia pamit.

“Nyonya Londers,apa anda masih ingat,kapan pertama kali suami anda membuat ayam panggangnya? Apa sebelumnya dia telah sering bereksperimen sampai menemukan resep yang sempurna?”

“Ya, aku ingat betul hari itu, musim dingin 5 desember sepuluh tahun yang lalu.Tidak, itu pertama kalinya dia membuatnya dan langsung berhasil. Hebat sekali bukan?” katanya. Aha!James masih harus menemukan kepingan terakhir sebagai bukti yang paling kuat.

“Nyonya Londers, Rose, kalau boleh aku ingin melihat dapur pribadi koki Londers sekali lagi,”pinta james.

Dapur itu masih sama sejak pemeriksaan waktu itu.James bersyukur kepala polisi telah menuruti sarannya dan memerintahkan untuk jangan merubah apapun  sebelum kasus selesai. James mulai mencari cari.Ini dia!serunya dalam hati,memandang sisa makanan di lantai, aku masih harus menemukan satu bukti lagi, pikirnya cepat. James akhirnya bisa menarik napas lega, di sudut dapur itu james melihatnya. Dengan hati hati ia memasukkan kedua bukti itu ke dalam kantung khusus.

“Rose,apa kau mau menemaniku?”

“Ke mana?”

“Kita akan bertemu ayahmu,”bisik james .Mata Rose membola kaget.

***

“Jadi benar,merekalah yang menculik ayahku?” tanya Rose begitu mereka tiba di Horror land.

“Bisa dibilang begitu,bisa juga tidak.”

Mereka pun tiba di depan pondok kayu.Hantu Lodrick menyambut dengan muka tak senang.

“Apa lagi yang kalian inginkan, hah?

“Kami hanya minta diajarkan resep rahasia ayam panggang anda, tuan hantu Lodrick” tegas James, wajah hantu Lodrick terlihat seperti mau mati sekali lagi saking terkejutnya.

“Dan kalau boleh,kami juga ingin sekali menemui koki Londers,bisa tolong anda panggilkan?”

“Omong kosong apa ini? Pergi sana! Jangan membuat ulah di rumahku!” teriaknya marah.

“Sebenarnya,saya ingin menyelesaikannya secara baik baik,tapi jika anda berkeras ,saya memiliki dua bukti yang tak terbantahkan.” James mengeluarkan satu kantung dari kantung besar tadi.

“Cukup sulit menemukannya,tapi jika diperiksa dilaboratorium deteksi makhluk halus, saya yakin, dalam sisa makanan ini akan teridentifikasi sidik hantu anda, tuan badut Toli” Tubuh hantu Lodrick seketika membeku di udara,tak mampu bicara.

“Lebih dari sepuluh tahun yang lalu koki Londers sudah menjadi penggemar anda, bukan?” lanjut James lagi,”dari situlah kalian saling mengenal kemudian bersahabat. Dan entah bagaimana anda yang bukan seorang koki  bisa membuat ayam panggang paling enak. Lalu anda meminta Londers mencicipinya dan ia segera mendorong anda untuk memasarkannya di Lezis land. Tapi kelihatannya anda ragu, karena seperti yang kita ketahui pada masa itu, adat kebiasaan yang umum berlaku adalah bahwa keturunan koki akan selalu menjadi koki, begitu pula halnya dengan badut, maka anda khawatir akan timbulnya pertentangan dari penduduk Lezis land. Sampai suatu ketika, anda merasa ajal anda akan segera tiba, tetapi anda tidak mau resep itu ikut terkubur bersama anda, maka anda memutuskan memberikan resep rahasia itu pada koki Londers. Akan tetapi, resep sehebat itu tentu tidak bisa dengan mudah diikuti begitu saja, karena itulah hingga kini anda masih menjadi hantu penasaran.”

“Sebagai hantu,setiap malam anda mengunjungi Londers didapurnya untuk mengajarinya.Namun setiap kali dia mencobanya,hasilnya tak pernah sama.Dan setiap kali pula ,setelah Londers mengijinkan, anda lalu merasuki tubuhnya dan meracik sendiri ayam panggang itu.”

“Tetapi malam itu, Londers mengatakan pada anda bahwa ini terakhir kalinya dia mencoba, kalau tetap tidak bisa, dia akan mengakui yang sebenarnya pada semua orang. Anda panik, berusaha mencari cara untuk menghentikan Londers .Ketika akhirnya ia gagal lagi dan tidak mengijinkan anda merasukinya, anda mengatakan sesuatu yang membuat Londers akhirnya mengijinkan anda merasuki tubuhnya.Tetapi alih alih membuat ayam panggang, anda malah membawa tubuh Londers ke pondok anda dan menyembunyikannya disuatu tempat, untuk mencegahnya mengaku sambil terus berusaha membujuk londers membatalkan niatnya. Karena itulah, ayam panggang yang berada didapur adalah buatan Londers.”

“Dan menurut dugaaan saya,ayam panggang yang asli yang membanjiri Horror land adalah karena anda pada akhirnya menyerah kemudian meminta Londers  agar bersedia dirasuki untuk membuat ayam panggang terakhir kalinya.” James  menyelesaikan hipotesisnya. Tanpa disangka hantu Lodrick menangis dengan suara yang menyayat, mendengarnya membuat bulu kuduk meremang.Tubuh hantunya menggelosor ke lantai bagai lembaran kain transparan.

“Aku sudah membujuknya ribuan kali,tapi aku juga mengerti dengan perasaan bersalahnya karena terus berbohong, karena itu akhirnya aku menyerah.Tapi bagaimana dengan orang orang yang kehilangan ayam panggangku?”ratap hantu lodrick penuh dilema disela tangisannya, sementara james mulai mencium aroma itu lagi.

“Datanglah koki Londers, aku yakin anda ada didekat sini, sebab bukti kedua yang aku bawa adalah sepasang kaos kaki anda. Aku yakin telah mencium bau kaki anda saat terakhir kemari.”

Maka keluarlah sang koki dari balik lukisan perempuan tua yang berlubang dibagian rambutnya.Wajah Londers berurai air mata,Rose menghambur memeluknya.

“Maafkan aku,Rose.Aku sungguh bersalah padamu dan pada semua orang”

“Tidak, semua salahku, akulah yang memaksamu,teman,” timpal hantu Lodrick.

“Aku ingin menghentikannya demi kebaikanmu, Lodrick.Aku tahu betapa beratnya menjadi arwah penasaran. Aku ingin kau melepaskan semuanya, beristirahatlah dengan tenang,” ucap Londers penuh perasaan.

“Oh, Londers sahabatku.” Mereka saling bersitatap ,sang koki lalu mendekati hantu Lodrick dan memeluknya yang terasa seperti memeluk angin, keharuan pun menyelimuti ruangan.

“Ehm, maaf mengganggu,” sela James memecah suasana,”kalau boleh saya ingin mengajukan saran.”

***

Konferensi pers telah digelar beberapa waktu lalu untuk menjelaskan perkara yang sebenarnya. Meski pada awalnya timbul keributan, seiring waktu semua bisa diatasi, karena hal terpenting bagi semua orang adalah ayam panggang yang tetap tersedia, yang lainnya bukan masalah besar. Ini juga berkat James, yang dengan cerdas mengatakan pada  Londers kalau hanya tinggal sedikit usaha lagi maka James yakin, berdasarkan aroma lezat yang diciumnya dari ayam panggang palsu waktu itu, bahwa sang koki pasti bisa membuatnya, karena aromanya hampir mirip dengan aslinya. Sayang sekali bukan kalau harus menyerah padahal keberhasilan tinggal sejengkal  lagi, bujuk James. Untungnya James tidak salah.Untuk beberapa waktu lamanya hantu Lodrick kembali mengajari Londers dan meracik sendiri ayam panggangnya sebelum kemudian Londers berhasil membuat yang sama persis. Bravo!

Meski sedih  harus kehilangan sahabat terbaiknya, tapi Londers merasa lega karena pada akhirnya hantu Lodrick  bisa pergi dan beristirahat dengan tenang. Mengingat kebaikan hantu Lodrick, kini tak ada lagi yang meremehkan para hantu. Semua berakhir seperti seharusnya, termasuk bagi James yang naik pangkat dan bertukar jabatan dengan Kepala polisi Thompson (mantan).

 

About Villam

Author of Akkadia: Gerbang Sungai Tigris, host & jury of Fantasy Fiesta, webmaster of Kastil Fantasi, storymaster of Estarath, bad dreamer and always a newbie writer
This entry was posted in Fantasy Fiesta 2012 and tagged , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Resep Rahasia Sang Koki

  1. hijri cowell no 68 says:

    buset, nih cerita bwt q mendadak laper.
    cerita yang disajikan cukup menarik. serta byak sekali bumbu makanan di setiap kata ( IMO ). Btw mampir ke lapak q ya. salam lapeeeer.XD

  2. Kesederhanaan.
    Aku mau menulis resep betulan ah di sini. Cara membuat Serabi Kampung:

    -tepung terigu dari gandum
    -telur
    -mentega
    -keju cheddar ataupun edammer
    -air
    -minyak daun bawang
    -rumput laut
    -mayones rahasia
    -sambal rahasia
    -benih yang hanya boleh aku yang tahu

    Pertama, lumatkan terigu, telur, air dengan garam laut biru dan sedikit saja merica.
    Kedua, panaskan minyak, begitu mendidih, tuangkan ke atas daun bawang yang dicacah setebal 2 cm.
    Ketiga, goreng semua dengan tangan anda.
    Keempat, jangan biarkan rumput laut menganggur karena kalau tidak dimasukken sejak awal, pasti jadi asin.
    Kelima, oleskan mayones dan sambal termahal sedunia pada tepian piring.

    Voila! Jadilah bala-bala kesukaan anda, atau anda bisa menggunakan resep ini untuk kode etis OSIS maupun MOS yang berlangsung.

    Oiya.
    Selipkan Jamur beracun Smurfin pada setiap helai parsley dan seledri sebagai alat kecantikan. Bon appetite, itadakimasu, ganbatte kudasai, ne!

    Domo arigatou gozaimashita.

  3. frenco says:

    tiba-tiba gak sengaja masuk ke sini dan…. bagus banget alur ceritanya. sayang, kenapa baru 2 orang yang komen ya.

    kisah misterinya dibangun dengan baik. bumbu-bumbu ceritanya juga tidak kalah lezatnya dengan ayam goreng Londers

    salam,

    Frenco 218

  4. Fapurawan says:

    Hei, iya bener, mengapa cerita ini terlewat?

    Idenya cukup segar, dan sebagai cerita Detektif cukup berhasil menyusun elemen misteri dalam kadar yang sederhana tapi logis. Hanya tersisa sedikit saja pertanyaan di akhir cerita, yang rasanya tak mengganggu.

    Saran saja, EYD dilihat lagi, pemakaian huruf besar dan tanda-tanda baca belum tertib. Dan yang menarik, saya usulkan penulisan xxx land disambung seperti: Lezisland, Horrorland, Fashionland,.. lebih kerasa excitement nya sebagai nama tempat/ komunitas. Sayangnya, penamaan ini sedikit nggak konsisten. Kalau sudah menggunakan pola penamaan Inggris, kenapa Badut land, padahal bisa Clownland? Lebih konsisten, akan lebih rapih buat ceritamu.

    Sukses buat masakan ayam panggangnya. Coba kirim satu ke Zooland Ragunan! :)

  5. Connie says:

    jadi pingin makan ayam panggang, hahahhaa…

  6. Domino’s Pizza, anyone? *krik krik krik*
    Connie betul. Mas Fapur juga. Anyhoo, itu bukan suara jangkrik, tapi suara saya ngasah pisau. Resikonya gini nih klo malem-malem dengan otak yang agak labil karena melototin monitor. Mendadak lapar. Mau kopi Arang? Daripada pesan decaffein. Tapi, arangnya bakar sendiri ya? Ups! (kesundut dupa Aishwarya)

  7. gurugumawaru gurugumawaru says:

    bacanya bikin laper. serius. Untung bukan pas bulan puasa kemaren. = . =;

    Ceritanya bagus, kreatif, dan fun. Tapi ada beberapa hal yang negganjel, kaya pernulisannya yang masih agak berantakan (tanda baca, dll), juga penamaan yang ngingris tapi kok ada badutland.

    Overall, saya menikmati baca cerita ini dan sekarang bener-bener pengen ayam panggang. Damn.

    3,5 out of 5 :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>