Estarath: Dunia Estarath

Konsep * Daftar Cerita * Dunia Estarath * Daftar Karakter

Spesial * Idea * Penghargaan * Galeri * Kedai * Saran & Usulan

-

Sejarah Singkat

 

Estarath atau “Dunia Timur” adalah nama yang digunakan oleh orang-orang di benua utara untuk menyebut dunia mereka. Sejarah tertulisnya sudah ada sejak seribu tahun yang lampau kala hanya ada dua kerajaan besar di sana: Terran di utara dan Halkan di selatan, yang selalu bermusuhan. Namun supaya kita tidak perlu menengok ke masa yang terlalu jauh ke belakang, cukuplah kita mulai dengan apa yang terjadi tiga ratus tahun silam, saat peperangan besar terakhir terjadi. Ketika Raja Haldreth qin Ragbarad—si Janggut Merah—membawa dua puluh ribu prajuritnya dari Halkarond (sekarang Melhaus) untuk menyerang Netarrans, ibukota Terran.

Penuh percaya diri, mereka tiba di selatan Sungai Newtier, bermaksud menghancurkan garis terakhir pertahanan pasukan Terran. Tetapi sepuluh ribu prajurit Terran ternyata sudah siap, dan muncul dari atas tebing mengejutkan pasukan Halkan. Dipimpin langsung oleh Raja Talkonin dan dibantu oleh Varcier dex Or-Kavierin, pendekar dari Minardes, pasukan Terran menaklukkan pasukan Halkan yang jumlahnya lebih besar. Haldreth pulang dengan hanya seribu prajuritnya yang selamat, dan wafat tak lama setelah ia tiba di Halkarond.

Sepeninggal Haldreth, umur Kerajaan Halkan tak bertahan lama. Wabah penyakit menghabisi separuh penduduk di ibukota, dan pemberontakan muncul di mana-mana. Seratus tahun kemudian Tolberth, raja Halkan terakhir, terbunuh. Rouberth, putra Tolberth berhasil menumpas pemberontakan, namun ia tak mampu mempersatukan daerah-daerah yang telah terpecah di seluruh negeri. Kejayaan Halkan telah berlalu. Ia pun mendirikan Kerajaan Melbrond, dan ibukota Halkarond diubah namanya menjadi Melhaus.

Negeri-negeri baru bermunculan, dipimpin tak hanya oleh para raja pangeran, tapi juga panglima perang, tuan tanah, bahkan mantan bandit. Semuanya jatuh bangun hingga akhirnya berdiri negeri-negeri kecil semacam Lafettia, Fishen, Danqurk dan Dindel. Juga Haston, negeri besar bergaya militer di sebelah barat. Di utara, Kerajaan Terran tetap bertahan, tetapi  lama-kelamaan kehilangan pula pengaruhnya di kota-kota sebelah barat seperti Alton, Tavar dan Windalens yang akhirnya membentuk kerajaan sendiri. Sementara Lembah Heiszl yang angker dan penuh sihir, sejak lama memang tak tersentuh oleh pengaruh kekuasaan manapun.

Saat itulah, sekitar enam puluh tahun yang lampau, datang bangsa asing dari selatan, Elniri yang menyeberangi lautan dengan tiga puluh ribu prajurit dan mendarat di Fishen. Dipimpin oleh Anthravai, mereka menyapu seluruh negeri di Estarath dari selatan hingga ke utara, termasuk Kerajaan Terran. Hanya Haston dan negeri-negeri lain di barat yang mampu bertahan. Namun Anthravai terbunuh secara tak terduga dalam duel melawan Fabien, ksatria terakhir dari Kuil Ksatria, berkat senjata misterius yang konon dibuat oleh ahli sihir dari Lembah Heiszl. Tetapi Elniri tetap kokoh. Vyndassi diangkat menjadi quazar, sang penguasa yang berkuasa di seluruh dunia timur Estarath, dan ia memerintah hingga tiga puluh tahun sampai wafatnya.

Sepeninggal Vyndassi kekuasaan Elniri melemah. Pemberontakan muncul di berbagai tempat. Dari utara muncul William, pendekar yang lalu menjadi ksatria di Gunung Hohn, yang kemudian ikut memimpin pemberontakan bersama Jendral Thorn dari Haston dan para pejuang Terran dan Windalens. Pasukan Elniri dipukul mundur hingga jauh ke selatan dan akhirnya berhasil diusir. Negeri-negeri di Estarath kembali merdeka.

Namun bangsa Elniri, setelah pernah lama tinggal di utara, tetap menganggap tanah Estarath sebagai bagian dari negerinya, yang harus ditaklukkan atau direbut kembali. Setelah lewat tiga puluh tahun, atau setahun yang lampau, dengan lima puluh ribu prajurit mereka kembali mendarat di pelabuhan Fishen, dan terus maju ke utara hingga ke negeri Danqs, siap untuk kembali menaklukkan Estarath.

Namun kali ini orang-orang utara sudah lebih siap. William, yang kini telah menjadi pemimpin di Lafettia, datang dan bertahan dengan hebat di benteng kota Danqurk. Ia gugur, namun berkat perjuangan heroiknya pasukan dari Haston, Terran, Melbrond dan negeri-negeri lainnya akhirnya mau bergabung menjadi satu kekuatan dan berhasil mengusir pasukan Elniri.

Dan begitulah cerita ini dimulai, saat ini, lima puluh lima tahun setelah berdirinya imperium Elniri Raya.

Setelah perang melawan Elniri para prajurit dari berbagai negeri kembali ke negeri mereka masing-masing. Para ksatria kembali ke Gunung Hohn. Raja-raja dan bangsawan kembali sibuk dengan urusan dan intriknya di istana. Para prajurit kembali ke barak. Para petani kembali berladang. Para pedagang kembali berdagang. Dan lain-lain. Semua kembali damai.

Tapi sejarah mencatat, tak pernah ada kedamaian yang langgeng. Setiap waktu akan selalu muncul masalah baru. Mulai dari hal yang kecil di suatu tempat, kemudian tiba-tiba berkembang tak terkendali, hingga menyebar ke seluruh Estarath.

Bisa dimulai di mana pun, dan dalam bentuk apapun.

Oleh siapapun.

Di dunia Estarath kisah berikutnya baru saja dimulai.

 

Geografi

 

Dunia tempat Estarath berada luasnya belum bisa dibayangkan oleh orang-orang yang mendiaminya di Dunia Timur (orang-orang Terran, Halkan, Haston dan lainnya), karena mereka belum tahu seberapa luas dunia yang ada di sebelah barat sana. Bahkan informasi tentang negeri Maltan di barat juga masih samar-samar, apalagi negeri-negeri yang lebih jauh.

Namun sebagai gambaran, ukuran Estarath atau Dunia Timur kira-kira sama dengan ukuran benua Asia Timur hingga Tengah di dunia kita. Sementara jauh di selatan, di seberang Laut Satix, ada Benua Selatan yang didominasi bangsa Elniri, yang ukurannya kira-kira sebesar Benua Australia. Perjalanan dengan berkuda dari pantai selatan ke utara bisa memakan waktu berbulan-bulan. Dan dari Netarrans ke Dorset, sebagai contoh, paling cepat butuh waktu tujuh hari, itu pun karena jalannya cukup bagus dan tidak berbukit-bukit.

 

Flora dan Fauna

 

Estarath beriklim empat musim, semakin ke utara semakin dingin, berbeda dengan Benua Selatan yang beriklim tropis. Tanahnya subur, penuh dengan hutan, pegunungan maupun lembah. Sungai besarnya ada dua: Sungai Halkanier di selatan, yang melewati Kota Melhaus (dulu Halkarond) dan Sungai Newtier di utara, yang melewati Kota Nettarans. Kedua sungai itu berhulu jauh ke barat.

Pepohonannya kurang lebih sama seperti di Bumi. Sedangkan hewan-hewan yang ada kurang lebih juga sama seperti yang ada di Bumi kita. Namun konon di Estarath dulu pernah ada juga hewan-hewan kuno seperti naga, kuda terbang, kugrash dan lain-lain. Sayang wujud mereka tak pernah terlihat lagi saat ini.

 

Kultur

 

Konsep universe atau dunia yang dipakai untuk dunia Estarath adalah medieval. Jadi umumnya negeri-negeri di Estarath berbentuk kerajaan, yang dipimpin oleh raja atau ratu, dengan latar dan kultur medieval. Namun ada sedikit perkecualian di negeri Haston, yang militeristik dan dipimpin oleh seorang jendral yang bertanggungjawab pada Dewan Tertinggi Militer. Sementara bangsa Elniri di selatan menganut sistem kesukuan, despotisme dan dipimpin oleh seorang quazar, sang penguasa tertinggi.

Di luar itu ada komunitas penyihir yang tinggal di Lembah Heiszl, yang tidak memiliki satu orang pemimpin yang jelas. Di sini ada beberapa penyihir kelas atas yang semuanya memiliki derajat sama tinggi, namun rata-rata memilih hidup dengan urusannya masing-masing, saling berjauhan dan sangat tertutup. Di tiap desa ada semacam kepala desa, tetapi semuanya tunduk pada para penyihir yang paling dekat.

Ada berbagai macam sihir yang berkembang di Lembah Heiszl. Awal mulanya dulu hanya ada sihir hijau, yang berkaitan dengan tumbuhan dan obat-obatan, dan sihir biru, yang memanfaatkan elemen-elemen alam di sekitar tempat itu seperti air, angin dan tanah. Namun setelah ratusan tahun kemudian berkembang pula sihir merah, yang bisa digunakan untuk berperang, dan sihir hitam, yang bermain-main dengan alam kematian, yang terlarang namun terus tumbuh secara sembunyi-sembunyi. Panah misterius yang dulu dipakai untuk membunuh Anthravai, sang quazar Elniri, dan juga Jendral Thorn dari Haston, konon dibuat dengan sihir hitam. Tak ada yang tahu kekuatan tersembunyi apa yang sebenarnya ada di dalam panah itu, kecuali tentu saja penyihir yang membuatnya.

Sedikit ke utara, di lereng Gunung Hohn terdapat Kuil Ksatria, kelompok persaudaraan para ksatria yang didirikan sekitar enam puluh tahun yang lampau. Jumlahnya sedikit, tapi mereka adalah para pendekar dengan keterampilan bersenjata yang mumpuni dan sangat dihormati. Walaupun setiap kerajaan kemudian coba membentuk pasukan ksatria mereka sendiri, para ksatria Gunung Hohn yang tangguh dan independen tetap dianggap lebih baik. Itu reputasi yang terus berusaha mereka pertahankan, walaupun kini mereka tak punya lagi tokoh secemerlang Helmut, Fabien atau William. Sayangnya hubungan para ksatria dengan para penyihir tidak terlalu baik, bahkan menjurus ke permusuhan, karena dulu pernah terjadi peristiwa penyerangan di Kuil Ksatria yang dicurigai didalangi oleh para penyihir. Hal itu tidak terbukti, namun kecurigaan tetap ada.

Dalam hal agama, orang-orang di negeri Terran dan bekas negeri Halkan (yang tinggal di Estarath bagian timur) umumnya menganut satu Tuhan. Para ksatria di utara termasuk penganut yang taat. Sementara orang-orang di barat lebih variatif, sebagian menganut satu Tuhan, sebagian menganut agama lama yang mempercayai dewa-dewi, tergantung alam tempat tinggal mereka. Orang-orang Lembah Heiszl mempercayai Jiwa Agung di atas para dewa, dan walaupun sosoknya tunggal, mereka tidak mau itu disamakan dengan Tuhan. Sementara orang-orang Haston lebih tunduk pada hukum militer daripada Tuhan atau para dewa.

Mengenai bahasa, ada dua bahasa utama yang umum dipakai di Estarath, yaitu bahasa Terran di utara dan Halkani di selatan. Lalu ada bahasa Aetherak, bahasa kuno yang masih digunakan sebagian orang Houlund, Tavar dan Heiszl. Dahulu sekali Aetherak digunakan oleh orang-orang utara, sebelum mereka terdesak oleh kedatangan orang-orang Terran dari Pulau Terra sekitar seribu tahun yang lampau. Selain tiga itu, ada pula bahasa-bahasa lain yang digunakan oleh bangsa lain di tempat yang lebih terpencil, misalnya bahasa Hualeg di utara.

Di luar Estarath, sejauh ini yang diketahui ada bahasa Maltash yang digunakan oleh orang-orang negeri Maltan di dunia barat, dan bahasa Elniris yang digunakan oleh orang-orang Elniri dan rumpunnya dari benua selatan.

 

Negeri dan Tempat-Tempat Penting di Utara

 

Lembah Heiszl: Lembah luas yang dipenuhi oleh hutan lebat dan hampir selalu diguyur oleh hujan. Para penyihir percaya tempat ini diberkahi dengan sihir oleh sang Jiwa Agung, karenanya dari semula hanya sedikit kaum mereka yang tinggal, pada akhirnya lalu berkembang makin besar. Ada banyak desa di sini. Desa tempat tinggal Wester bernama Hioriun, dan letaknya di bagian selatan, berdekatan dengan Sungai Ern-Newtier.

Sungai Ern-Newtier: Anak Sungai Newtier yang berhulu ke Pegunungan Barat. Beberapa bagiannya tersembunyi di dalam hutan dan gua, dan konon ditinggali makhluk-makhluk aneh dan mengerikan.

Tavarin: Negeri kecil di sebelah barat dengan ibukotanya yang bernama Tavar. Negerinya cukup majemuk, ada banyak suku bangsa yang tinggal di sini. Penduduk aslinya orang Tavar, tapi di sana banyak pula orang Terran dari timur, orang Alton dari utara, orang Houlund dari barat, juga yang lainnya. Pemimpin yang berkuasa saat ini adalah Ratu Borshyn. Eksotik, muda, misterius dan punya darah campuran Tavar-Alton-Terran.

Alton: Negeri kecil di utara dengan ibukota bernama sama. Kotanya cukup ramai dan merupakan salah satu tujuan utama para pedagang dari selatan maupun timur. Batu permata dan baju-baju tebal yang indah banyak dihasilkan di negeri ini. Pemimpinnya saat ini adalah Raja Cedrig; penikmat harta, tahta dan wanita, namun juga pandai berdagang dan ambisius. Ia selalu berusaha menyebarkan pengaruhnya ke negeri-negeri sekitar.

Sungai Ordelahr: Sungai dingin yang berhilir ke lautan es di utara. Di sana, di balik hutan lebat, terdapat negeri terpencil Hualeg, tempat William, si pahlawan besar masa lalu berasal.

Gunung Hohn: Gunung berbatu yang di lerengnya terdapat Kuil Ksatria. Dulunya tempat ini angker dan jadi markas para bandit, sebelum Helmut dan para pendiri Kuil Ksatria datang. Pemimpin di Kuil Ksatria, dengan gelar Ksatria Pertama, kini adalah Daryn. Di bawahnya ada sekitar tiga puluh ksatria dan dua ratus prajurit-ksatria, yang sebagian besar juga tinggal di Gunung Hohn.

Tavalo: Kota yang jadi rebutan pengaruh Kerajaan Terran, Windalens dan Alton. Sebelum penaklukan bangsa Elniri, Tavalo adalah bagian dari Kerajaan Terran, namun setelah itu para penduduknya lebih memilih untuk merdeka, didukung oleh Windalens dan Alton. Kerajaan Terran mengambil jalan keras dan menempatkan pasukan di sana, namun sampai sekarang Tavalo masih menjadi tempat yang rawan.

Windalens: Negeri kota yang awalnya juga merupakan bagian dari Kerajaan Terran. Penduduknya berani dan pemimpinnya, Jardain bersahabat dengan William dan para ksatria sehingga Terran tidak berani menyerang mereka, walaupun tetap memusuhi. Yang menjadi ciri khas kota ini adalah Arena, turnamen tarung tradisional yang menjadi ajang para pendekar dari seluruh dunia mengadu kemampuan.

Terran: Kerajaan besar yang mampu bertahan dari sejak awal sejarah hingga sekarang. Ibukotanya bernama Netarrans, dan kota-kota besar lainnya adalah Centraoux, Minardes dan Dorset. Setelah sempat hancur akibat serbuan bangsa Elniri, Terran kini mencoba bangkit lagi menjadi kekuatan utama di Estarath. Rajanya yang sekarang adalah Godwin; kharismatik, cerdik, licik dan selalu senang membuat intrik, tidak hanya di negeri-negeri lain, tapi juga di istananya sendiri.

Sungai Newtier: Sungai terpanjang di Estarath, yang memiliki anak sungai di berbagai pegunungan tinggi di utara. Di hilirnya berdiri kota Netarrans.

Pulau Terra: Pulau besar di timur yang dikeramatkan dan merupakan tempat asal keluarga Arowin yang kini berkuasa di negeri Terran.

Haston: Negeri besar di selatan yang dulu didirikan oleh Monfrey Haston setelah ia berhasil menaklukkan seluruh panglima perang di lembah antara Gunung Gaston, Gunung Weiser dan Gunung Voth. Pemimpinnya kini adalah Jendral Gerets. Ibukotanya bernama Baramberg dan kota besar keduanya adalah Denz. Negeri Haston terkenal berkat pasukan elit infantri dan kavaleri beratnya yang dihasilkan dari Akademi Militer di Baramberg.

Hutan Wodnar: Hutan luar biasa luas dan lebat di utara yang misterius. Konon di dalamnya tinggal bangsa-bangsa aneh, salah satunya adalah orang-orang Marvon yang kabarnya bermata kuning atau hijau. Di sana diyakini pula terdapat pohon erentir tertua di dunia, yang konon sudah ada bersamaan dengan lahirnya manusia pertama. Pohon itu besar, jangkung tak terbayangkan dan akarnya menjalar ke seluruh hutan, serta dipercayai oleh orang-orang kuno sebagai jalan menuju langit.

 

Kota dan Tempat-Tempat Penting Lainnya (Belum ada di peta dan ditambahkan sesuai dengan perkembangan cerita)

Desa Guiszil: Desa di bagian utara Lembah Heiszl, tempat tinggal Eir Zolin yang memiliki salah satu perguruan sihir terbesar, dan dianggap sebagai benteng pertahanan utama jika para ksatria dari Gunung Hohn datang menyerang.

Erien: Kota kecil di selatan Lembah Heiszl. Ini adalah kota persimpangan dan juga gerbang untuk memasuki hutan lebat menuju negeri para penyihir. Masuk dalam wilayah kekuasaan negeri Tavar.

Goetz: kota di kaki Gunung Sox. Masuk dalam wilayah kekuasaan negeri Tavar. Selain orang-orang Tavar dan Houlund, di sini banyak juga terdapat orang-orang Thad’arok yang berasal dari pegunungan.

Tierra: Kota di kaki timur Gunung Gaston, di sebelah selatan Hutan Arszarik atau Hutan Terlarang. Ini adalah kota perbatasan yang banyak didatangi para pedagang, dan masuk dalam wilayah kekuasaan Haston.

 

***

 

Segala hal baru yang menyangkut sejarah singkat, geografi, flora dan fauna, kultur maupun yang lainnya bisa diusulkan oleh setiap penulis yang nanti terlibat, dan jika sesuai dengan dunia Estarath secara keseluruhan akan ditambahkan di sini. Berbagai ide atau konsep lainnya bisa juga dilihat di halaman Idea.

 

 

24 Responses to Estarath: Dunia Estarath

  1. fr3d says:

    *datang sambil mengulum permen loli*

    *melihat-lihat sambil manggut2*

    *tiba-tiba tersadar*

    TFH! :D

    *tersenyum misterius*

  2. Rea_sekar says:

    Estarath = Eastern Earth?
    Ragbarad = Red Beard?
    Newtier = karena di sungai itu banyak newt? *plak*
    Halkarond = Halkenland?
    Melhaus = Milhouse? *plak*
    Heiszl = Hazel?
    Quazar = Kaiser?

    Kok tiba-tiba nyelip nama William? Di antara nama-nama fantasiyah yang bejibun itu eh tiba-tiba ada nama yang mundane.

    Kalo Elniri Raya udah gak ada (karena kaum Elniri udah diusir) kenapa kalendernya masih pake itungan Norda Elniris? Saia kok mikirnya mereka bakal “menyambut era baru” dengan mulai lagi itungan dari nol dan bikin Norda baru… (Norda Lafettis, mungkin, atau Norda Willyais atau Norda Or-Estar.)
    Hum.

    Maaf, tapi, somehow… saia agak merasa penamaannya sedikit kurang rapi. Sedikit. Mungkin ini karena saia agak bingung karena bisa-bisanya nama Centraoux, Minardes dan Dorset bergandengan tangan di dalam Kerajaan Terran. Yep, saia gak dapet rumpun-bahasanya. Hehe.

    Dan somehow… Elniri mengingatkan saia pada Dothraki.
    *plaksevenfold*

    =====

    Ini kok saia malah sok nyabein ya? Ah watev, yang penting backstory-nya lumayan asik. Bakal seru nih proyek ini. Wuhu~

    • Villam says:

      yep. soal nama itu selalu jadi bagian world building yang di satu sisi mengasyikkan buat diutak-atik, tapi di sisi lainnya seringkali gue sampai pada satu titik di mana akhirnya gue berpikir ‘ah sudahlah, yang penting namanya asik, gampang diinget dan enak diucapkan’. hehehe…

      sebenernya basis awal yang gue pake adalah nama2 Terran itu baunya french, nama Alton dan Haston baunya english, dan nama Halkan baunya german (tapi soal ini jangan tanya alasannya kenapa. itu semata taste. hehe). sedangkan bangsa2 kuno kayak Tavar dan lain-lain di barat, yang udah terdesak, namanya lebih fantasiyah. tapi berhubung sejarah di Estarath udah berlangsung hampir ribuan tahun, gue berpikir malah lebih wajar jika semua nama itu akhirnya bercampur-baur, tergantung pengaruh dan sejarah di masing2 kota atau wilayah. justru rada aneh jika setelah sekian lama tidak ada percampuran. dan karenanya gue memilih untuk tidak kaku dan mencoba lebih fleksibel soal nama2 itu.

      soal Norda Elniris, good point. mestinya orang2 Estarath lebih memilih kembali ke penanggalan lama mereka, dibanding penanggalan baru yang dibikin oleh orang Elniri. ntar coba cari nama yang pas deh. :-)

      soal Dothraki, justru Dothraki mengingatkan gue pada Elniri. heheheh…
      apa boleh buat, kayaknya gue dan GRRM sama2 mengambil bangsa Mongol atau nomad Asia Tengah sebagai dasar. :-D

  3. Alfare says:

    Hooooo. Hooooooooooo.

    Nampaknya, bisa turut hidup di dunia yang satu ini menjadi cukup alasan buat tergabung dalam mainan ini.

    (masih baca-baca dulu)

  4. Gem says:

    Membaca… membaca… mengingat-ingat wilayahnya…

  5. too much idea says:

    kalo tambah tempat2 baru, boleh ga?

    • Villam says:

      tambah kota baru, misalnya?
      boleh aja. yang di peta di atas memang baru kota2 besar dan penting. kalo petanya diperbesar mestinya memang harus ada ratusan kota lainnya yang lebih kecil. coba aja kirim usulan / ide cerita dan lainnya, ntar kita pilih nama-nama yang bagus. :-)

      • too much idea says:

        cip dah kak :D
        Btw, kak, tujuan utama si pemeran utama di cerita ini apa sih?

        • Villam says:

          setiap tokoh POV adalah pemeran utama di cerita atau kehidupannya masing-masing.
          namun seperti halnya hidup, sebagian tokoh mungkin sudah punya motif yang jelas, tapi sebagian yang lain mungkin belum, dan masih harus dicari. para penulisnya masing-masinglah yang harus menggali itu semua. :-D

  6. hoshi says:

    P.u.s.i.n.g.

    Mr. Villam, entah knp saya malah ngerasa nama2 tsb susah dihapal. Ejaannya agak membelit lidah.
    Pengen ikutan,.. tp otak blm memadai. T_T sigh- liat dulu aja, deh

  7. Pingback: Estarath: Peta Dunia dan Jarak Tempuh | Kastil Fantasi

  8. kayzerotaku says:

    Omong2, di Estarath tidak ada makhluk mirip Orc, Troll atau Ogre ya?

  9. kayzerotaku says:

    Boleh ditambah? Atau biarkan sj dulu…
    Estarath mirip seperti Dune atau Games of Throne, dimana manusia lebih dominan daripada makhluk non-manusia.

  10. theluckygirl says:

    Hmmmmm banyak jg ya kerajaannya >,<
    *disorakin seisi kastil*

  11. kayzerotaku says:

    Halo, boleh tanya lg?
    Setelah baca dengan teliti, koq tidak banyak informasi mengenai Maltan?
    Saya mengira Maltan itu mirip2 Kesultanan Turki atau suku2 Mongol, karena daerah mereka letaknya dekat Padang Rumput Sammare.

    • Villam says:

      Bagi orang Estarath di sebelah timur, keberadaan negeri Maltan di barat memang masih samar-samar. Hanya diketahui bahwa pada awalnya mereka adalah orang-orang yang berasal dari kaki pegunungan barat yang lalu menyeberangi Padang Rumput Samarre ke selatan dan menaklukkan bangsa-bangsa lainnya, di bawah pimpinan Wiltrain. Mereka lalu mendirikan Kota Maidor sebagai ibukotanya. Pemimpinnya sekarang bernama Armetrain, cucu Wiltrain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>